27 April 2015

Ciri dan Karakter Varietas Kedelai Unggul

Suksesnya pertanaman kedelai di daerah tropika sangat tergantung pada daya adaptasi varietas kedelai unggul yang dikembangkan. Untuk memperoleh produksi hasil yang optimal, penggunaan benih bermutu tinggi merupakan salah satu persyaratan yang mutlak dalam budi daya kedelai. Termasuk dalam, budidaya kedelai tropika. 

Selain penggunaan varietas yang unggul dan berkwalitas, kondisi lahan perlu dipetimbangkan. Secara agroekologi, lahan yang baik untuk tanaman kedelai yaitu; lahan kering (masam dan non masam); lahan sawah (irigas dan lahan sawah tadah hujan); dan lahan pasang surut.


Sebagai komoditas unggulan masa depan, budidaya kacang kedelai menjadi primadona yang cerah dan menjanjikan bagi petani. Namun, adakalanya kecukupan varietas kedelai unggul yang berkwalitas, sering menjadi kendala. 


Disamping, kepahaman petani kita yang masih kurang dalam memahami ciri dan karakter verietas kedelai yang unggul, sehingga berpengaruh pada produksi hasil. Tentu kondisi seperti ini, sangat merugikan para petani.


Beberapa karakter varietas unggul kacang kedelai antara lain; polong tidak mudah pecah; berkwalitas biji baik; toleran pada kondisi lahan suboptimal; dan Toleran terhadap hama penyakit.


Tanda-tanda benih kedelai yang termasuk dalam kategori unggul dan bermutu, dapat diamati dengan ciri-ciri, sebagai berikut:

  • Murni sesuai dengan deskripsi varietasnya
  • Berdaya tumbuh tinggi (>90% atau lebih)
  • Mempunyai vigor yang baik dan serempak
  • Sehat dan terbebas dari hama penyakit
  • Bersih, tidak keriput (bernas), dan tidak ada tanda bekas gigitan hama
  • Memiliki kadar air biji antara 9-10 persen
Di Indonesia, pembentukan varietas kedelai unggul sering dilakukan dengan dua cara. Pertama; dilakukan melalui persilangan antargalur/varietas kedelai yang sudah berkembang. 

Kedua; dilakukan melalui koleksi plasma nutfah serta melalui uji adaptasi/introduksi dari varietas unggul yang berasal dari luar negeri yang cocok dengan kondisi alam Indonesia.

Artikel Terkait