12 Mei 2015

Faedah Telur Ayam untuk Kesehatan

Telur ayam kampung
Selain tempe dan tahu, jenis lauk-pauk yang sering dikonsumsi oleh orang adalah telur. Disamping harganya relatif murah, juga mudah didapat. Telur mempunyai kandungan zat gizi yang cukup tinggi, antara lain mengandung delapan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan otak anak dan kesehatan tubuh. Pada telur juga mengandung mineral selenium (Se).

Kandungan mineral selenium pada telur sangat berguna bagi pria untuk pembentukan kualitas dan kuantitas sperma. Satu butir telur dapat menghasilkan 10% dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium.

Telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang. Telur juga mengandung vitamin E. Kombinasi antara selenium dan vitamin E berperang sebagai antioksida yang dapat mengurangi resiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Hasil uji kesehatan, pada telur diketahui juga mengandung vitamin B12, vitamin B6 dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel saraf. Orang yang kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel saraf. Bagi wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 mempunyai resiko anaknya akan mengalami kerusakan pada sistem saraf.

Tidak semua telur itu baik. Telur yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah, yaitu telur yang mengandung bakteri Salmonella. Khususnya bagi orang yang mengalami resiko tinggi seperti wanita hamil, orang lanjut usia, dan anak-anak. Telur yang mengandung bakteri Salmonella, sebainya dimakan setelah dimasak terlebih dahulu hingga matang. 

Salmonella adalah infeksi bakteri Salmonellosis. Bakteri ini bisa menyebabkan dehidrasi ekstrim dan juga kematian. Salmonella ada diseluruh dunia dan dapat mencemari hampir segala tipe makanan, seperti telur-telur mentah, daging mentah, sayur-sayur segar, sereal, dan air yang tercemar.

Racun-racun yang dihasilkan oleh bakteri dapat merusak dan membunuh sel-sel yang melapisi usus-usus, yang berakibat pada kehilangan cairan usus (diare). Seseorang yang terinfeksi bisa mengakibatkan panas dalam, muntaber dan sakit perut yang ekstrim.

Dari hasil penelitian, para ahli menyatakan bahwa bakteri Salmonellosis adalah bakteri yang mudah dihilangkan tetapi ketika tubuh kita diberi antibiotik, bakteri Salmonellosis tersebut bisa tambah aktif dan membuat proses penularan lebih cepat dibandingkan biasanya. Efek-efek dari serangan bakteri Salmonellosis ini juga sangat berbahaya jika tidak diobati atau dirawat karena bisa menghancurkan sistem imun dengan fatal.

Salah satu jenis telur yang baik adalah telur Omega3, telur ini bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Hasil uji gizi diketahui, bahwa kandungan omega pada telur Omega3 15 kali lipat lebih tinggi dibandingkan telur biasa.

Selain telur Omega3, telur ayam kampung juga sangat baik dikonsumsi. Kandungan asam amino telur kampung lebih tinggi dan baik. Kelebihan telur kampung lainnya, semua kandungan gizi pada telur ayam kampung bisa diserap oleh tubuh, dibandingkan telur ayam buras. Namun, dalam segi kandungan gizi, seperti kolestrol, vitamin, dan lainnya tidak berbeda jauh.

Sebaiknya, jangan terburu-buru dalam membeli telur ayam. Agar terhindar dari bakteri Salmonella, pahami dulu cara memilih telur ayam yang baik. 

Artikel Terkait