29 April 2015

Potensi Beternak Ayam Kampung

Potensi Beternak dan Berbisnis Ayam Kampung
Usaha peternakan merupakan bisnis yang tidak mengenal kata "mati". Selama manusia masih gemar makan produk peternakan seperti daging, susu, dan telur maka usaha ternak selalu menjadi potensi luar biasa untuk dikembangkan. Dan salah satu usaha dalam bidang peternakan yang banyak digemari adalah berbisnis ayam kampung/kampoeng.

Adakah terlintas di dalam pikiran Anda untuk membuka bisnis ternak ayam? Jika iya, segera wujudkanlah impiannya. Sebab, beternak ayam selalu memiliki prospek yang cukup cerah dan menguntungkan. 

Jika Anda sebagai peminat baru yang ingin beternak dan berbisnis ayam. Pertanyaan pertama yang sering terlintas dipikiran Anda adalah jenis ayam apa yang menjanjikan untung besar? So pasti, semua jenis ayam jika diternak menguntungkan. Baik itu, ayam kampung/kampoeng, ayam pedaging broiler, ayam petelur kampung, dan ayam arab.

Supaya lebih terarah dan terpola dalam mengembangbiakkan usaha ternak ayam kampung. Journal Pertanian Indonesia, akan mengulas tentang panduan beternak ayam kampung secara sistematis, runtul, dan detil. Mulai dari pengenalan seluk-beluk ayam kampung, persiapan sebelum memulai beternak, tahapan-tahapan budi daya ternak, manajemen panyakit dan pakan, analisis usaha hingga manajemen pemasaran.
 "Setiap usaha yang diawali dengan memohon petunjuk dan kemantapan hati kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, akan jauh dari rintangan, berjalan dengan baik, dan akan berkembang sesuai harapan kita"
Ayam kampung merupakan unggas yang tak pernah turun pasarannya. Di waktu tertentu, seperti lebaran haji, lebaran puasa, dan kegiatan hari-hari besar keagamaan lainnya, stok ayam kampung sering tidak seimbang dengan permintaan pasar yakni, "lebih banyak pembeli dengan ayam". Hal ini karena, ayam kampung selain untuk dimasak juga digunakan untuk bahan dalam pembuat anek kuliner lezat.

Kandungan gizi ayam kampung terkenal tinggi, telurnya banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Karena, ayam kampung biasanya dipelihara secara alami sehingga terbebas dari obat-obat kimia. "Bahan-bahan kimiawi sering menjadi sumber mendatangkan penyakit bagi manusia".

Tren permintaan daging dan telur ayam kampung terus meningkat tajam dan signifikan dari waktu ke waktu. Hal ini, tentunya menciptakan satu peluang usaha dengan keuntungan yang menggiurkan bagi semua orang. 

Apalagi, memelihara ayam kampung sangatlah gampang, tidak serumit memelihara ayam broiler. Karena, ayam kampung termasuk ternak unggas yang tahan terhadap segala cuaca, dan bisa dipelihara mulai dari lahan yang sempit, pekarangan rumah, sampai di area yang luas.

Bagi Anda yang hobi memelihara ayam, atau ingin beternak ayam kampung dalam skala yang besar. Journal Pertanian Indonesia, telah mengupas tuntas dalam artikel; Tips Sukses Memelihara Ayam Kampung.

Artikel Terkait