23 April 2015

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Buah Kacang Tanah
Kacang tanah menjadi salah satu kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Kacang tanah banyak kita temui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah menjadi bahan utama dalam membuat gado-gado, makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat termasuk para turis mancanegara. 

Kacang tanah mengandung gizi yang banyak. Dalam kacang tanah mengandung nutrisi yang lengkap bagi tubuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga kacang tanah dinobatkan dalam salah satu kelompok kacang-kacangan bergizi tinggi. 

Gizi yang terkandung dalam kacang tanah diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Dirilis Health Benefits of Raw Peanuts sebagaimana dikutip pola tani dari manfaat disebutkan dalam satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar:
  • 828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
  • 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
  • 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
  • 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)
Lemak
Kacang mentah mengandung lemak, namun hanya 19 persen lemak jenuh, sementara 81 persen lainnya berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi terhadap diabetes 2 dan penyakit arteri, tetapi lemak tak jenuh bekerja secara terbalik, justru menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner.

Mineral
Secangkir kacang tanah mentah, mengandung 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium dan 10% kalsium. Mineral ini membantu ulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Mereka juga mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Vitamin
1 porsi kacang tanah mentah memasok 110% dari asupan makanan referensi untuk niacin, 88 persen untuk folat, 81 persen untuk vitamin E, 78 persen untuk tiamin, 30 persen untuk vitamin B-6 dan 15 persen untuk riboflavin. Vitamin ini membantu melindungi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh, mengatur nafsu makan, menjaga pencernaan yang sehat dan metabolisme dan membantu kulit, matadan kesehatan neurologis. Folat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mencegah cacat lahir tulang belakang dan saraf.


Manfaat-Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Manfaat kacang bagi kesehatan banyak didapatkan dalam berbagai cara. Memakan minimal dua sendok makan selai kacang setiap minggu untuk menjaga berbagai penyakit berbahaya pergi dan menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan 2) :

1. Baik bagi ibu hamil
Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, apalagi diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Bagi wanita hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, diperlukan juga untuk perkembangan bayi seperti kandungan pada manfaat kacang merah dan manfaat kacang hijau.

2. Mengurangi rasa depresi
Pada manfaat kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

3. Batu Empedu
Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.

4. Kanker Usus Besar
Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27%.

5. Menjaga Berat Badan
Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

6. Mencegah Penyakit Jantung
Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus. 

Itulah beberapa manfaat kacang kacang tanah untuk kesehatan yang kami bahas dalam edisi makanan sehat Jurnal Pertanian Indonesia.

Artikel Terkait