29 April 2015

Kopi Indonesia, Kopi Terbaik di Dunia

Biji Kopi foto: shutterstock
Bagi yang bukan pecinta kopi, Anda tak akan merasakan bagaimana nikmatnya aroma Kopi Indonesia, kopi terbaik di dunia. Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi yaitu kopi arabika dan robusta, dan Indonesia memiliki 40 varian kopi dari Sabang-Aceh sampai Meuroke-Papua.

Dari jumlah varian kopi Indonesia tersebut, kopi yang banyak digemari oleh masyarakat yaitu, kopi gayo, kopi toraja, kopi aceh, kopi mandaling, kopi bajawa, kopi wamena, kopi jawa, kopi kintamani, kopi enrekang, kopi Sidikalang, kopi kerinci, dan tentunya kopi musang yang dipopuler dengan kopi luwak.

Menurut wikipedia; Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab yaitu; Qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.

Dahulu, kopi merupakan minuman para sufi saudagar Arab. "Orang-orang yang meminum kopi dianggap tinggi kedudukannya dibandingkan minuman lain". Indonesia boleh berbangga, karena memiliki varian kopi yang sangat banyak. Namun, yang tidak enaknya "Kopi-kopi kwalitas rendah dikonsumsi sendiri, sedangkan yang berkwalitas tinggi di ekspor ke berbagai negara".
"Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi yaitu, kopi arabika dan robusta, dan Indonesia memiliki 40 varian kopi dari Sabang-Aceh sampai Meuroke-Papua".
Biji kopi adalah minuman serbuk. Hasil penelitian menyebutkan, kandungan kafein yang terdapat dalam biji kopi asli memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan kanker.

Berikut sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan:

Kopi dapat melawan depresi
Sebuah penelitian menumukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. 

Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.

Kopi dapat menghindari stres dan putus asa
Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.

Kopi dapat menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

Kopi dapat membantu anda menurunkan berat badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengangu kesehatan organ tubuh yang lain.

Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe II
Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang sesuai setiap hari akan membantu anda dalam menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II. Kandungan kromium dan magnesium dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.

Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Kopi dapat membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.

Kopi dapat menangkal kanker kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker . Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Kopi untuk mengencangkan kulit
Untuk mengencangkan kulit wajah dan tubuh anda dapat menggunakan kopi sebagai lotion. Cara menggunakannya juga mudah, ada tinggal menyeduh kopi dengan air hangat kemudian usapkan pada bagian wajah secara rata. Tunggu beberapa menit kemudian bilas. Selain dapat mengencangkan kulit juga dapat mengurangi warna hitam atau flek hitam pada wajah.
Kopi untuk menghitamkan rambut
Untuk menggunakan kopi sebagai bahan menghitamkan rambut anda perlu menyeduh kopi dengan air hangat yang dicampur dengan dua kuning telur, satu sendok rum, dan satu sendok minyak sayur. Oleskan ramuan pada rambut secara rata dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Kopi untuk melangsingkan tubuh
Kopi bisa melangsingkan tubuh karena kandungan kafeinnya. Untuk melangsingkan tubuh dengan kopi secara aman sebaiknya jangan diminum tapi gunakan sebagai lulur. Caranya mudah seduh kopi dengan air hangat kemudian oleskan pada bagian perut atau tubuh yang ingin dilangsingkan. Tunggu beberapa menit kemudian bilas. Pemakaian yang teratur akan membuat program pelangsingan tubuh anda berlangsung cepat.

Pokoknya yang dekat dengan kopi akan beraroma kopi. Selamat menikmati kopi Indonesia, kopi terbaik di dunia.

Referensi kopi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
http://bidanku.com/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan-wanita#ixzz3Yhl40HQQ
http://diethuteri.com/2615/3-manfaat-kopi-bisa-melangsingkan-tubuh-dan-kecantikan/
http://manfaatkopi.com/

Artikel Terkait