26 April 2015

Buah Zaitun dan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Buah dan Minyak Zaitun
Buah Pin dan Zaitu, boleh dibilang buah yang paling ter-istimewa sejagat raya. Sehingga Allah mengabadikan zaitun dalam Al-Quran sebagaimana firman-Nya.  

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (An-Nahl [16]: 10-11) 

Dalam berbagai kitab tafsir Al-Qur’an dikatakan, bahwa sesuatu yang dipergunakan oleh Allah SWT untuk bersumpah, pasti ada keistimewaan di dalamnya. 

Dalam sebuah referensi menyebutkan, Allah menyebut buah zaitun sebanyak 7 kali yaitu 2 kali zaitun itu disebut sendirian, sementara 5 kali lagi disandingkan dengan beberapa buah yang lain seperti kurma, delima, anggur dan buah tin (Inggis: common fig atau ara). 

Buah kurma dan delima, Allah abadikan dalam surat Al-Rahman, sebagaimana firman-Nya; "Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima, "[ Surah AlRahman Ayat 68]. 

Sementara keistimewaan buah Tin, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW "Jika aku katakan, sesungguhnya buah yang turun dari surga, maka aku katakan, inilah buahnya (Tin), sesungguhnya ia buah dari surga tiada keraguan". (HR Abu Darda). 

Para ahli botani menyimpulkan tumbuhan dengan buah bernama zaitu dan tin, termasuk dalam kerabat pohon beringin dari genus ficus. Dalam bahasa latin, bernama Ficus carica l. 

Berdasarkan temuan Tim Arkeologis, tin termasuk salah satu tumbuhan yang ditanam sejak ada manusia. Termuan itu, terbukti dengan ditemukannya sembilan sub-fosil tanaman tersebut yang bertipe partenokarpik dari sekitar 9400-9200 SM di kawasan neolitikum Gilgal I (Lembah Yordania, sekitar 13 km dari Kota Jericho).

Pohon yang Allah abadikan dalam Al-Quran, kita suci umat Islam, banyak ditanam atau dibudidayakan di wilayah Timur Tengah, Mediterania, dan di beberapa negara lain. Khabarnya di Indonesia, tanaman itu juga sudah mulai dibudidayakan, tepatnya di pusat pembibitan tanaman, Jakarta Timur.

Menurut riwayat. Dulu, buah istimewa tersebut hanya dikomsumsi oleh kalangan bangsawan. Buah yang sangat "misterius ini, ternyata sangat lezat dan mengandung sejuta manfaat bagi kesehatan. 

Dilihat dari bentuk, rasa dan aromanya, buah Tin mirip dengan Jambu Biji. Aromanya harum, teksturnya empuk, rasanya keset, manisnya sedang, sedikit mengandung air, berbiji banyak namun enak untuk dimakan.

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Sunguh sangat banyak kemanfaatan buah Tin untuk kesehatan. Diantaranya, buah Tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Buah Tin juga mengandung coumarin yang dapat mengurangi resiko kanker prostat.

Selain itu, buah tin juga mengandung kalsium yang bagus untuk mencegah osteoporosis, dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Beberapa zat lain seperti trytophan yang bagus untuk penderita insomnia dan pektin untuk mengurangi kolesterol darah. Masih banyak manfaat lainnya, termasuk yang berasal dari daunnya.

Manfaat Daun Tanaman Tin untuk Kesehatan

Air rebusan daun Tin, bisa menjadi obat untuk kencing batu, diabetes, dan asam urat. Air rebusan itu juga dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Itulah beberapa keistimewaan buah yang disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an. Mari kita perbanyak membaca al-Qur’an dan juga memahami isinya yang sangat luar biasa banyak manfaatnya sebagai tuntunan hidup kita di dunia. 

Pada posting selanjutnya, Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan, Manfaat Buah Delima untuk Kesehata, dan tentu berbagai manfaat buah-buahan lainnya.

Sumber foto: google+

Artikel Terkait