10 Januari 2017

Tiga Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

Polatani.Com - Pisang merupakan salah satu tanaman tropis yang kaya akan manfaat, sehingga para ahli gizi di dunia begitu menyarankan agar selalu rutin mengonsumsi buah pisang. Dari hasil penelitian terdapat 20 jenis pisang yang tumbuh di wilayah Asia salah satunya adalah pisang Cavendish.
 Budidaya pisang tidak terlalu sulit karena tanaman ini bersifat dingin sehingga dapat hidup ditanah yang gambut dan basah.
Budidaya Pisang/Image: www.asiafarming.com
Hasil dari tanaman ini juga dapat dijadikan salah satu peluang usaha, jadi tak jarang jika buah pisang mudah didapatkan.

Harga pisang di pasaran juga bervariasi, bahkan di luar wilayah Indonesia pisang memiliki harga yang cukup tinggi. Berapapun harga pisang yang ada di pasaran saat ini tidak mengurangi peminatnya. Biasanya peminat pisang mempunyai alasan yang sama yaitu kandungan gizi yang lengkap untuk tubuh.

Di Indonesia, pisang memiliki potensial yang sangat besar, maka tak heran jika para petani masih memanfaatkan tanaman pisang untuk dibudidayakan di lahan mereka.

Budidaya pisang tidak terlalu sulit karena tanaman ini bersifat dingin sehingga dapat hidup ditanah yang gambut dan basah. 

Dalam kesempatan ini admin akan berbagi cara praktis budidaya pisang agar panen berlimpah. Seperti dikutip dari hidupmulia.net, berikut syarat tumbuh tanaman pisang.

Syarat Tumbuh Kembang Pisang

1. Iklim (Cuaca)
  1. Tanaman pisang lebih cepat berkembang pada iklim tropis dengan kelembaban udara yang cukup tinggi disertai dengan kondisi cuaca yang cukup panas. Menyesuaikan kondisi cuaca memang sangat penting dalam budidaya pisang. 
  2. Bagi Anda yang mempunyai lahan di daerah pegunugnan, hal ini tidak akan menyulitkan karena tanaman pisang mampu beradaptasi dengan cuaca atau iklim yang cukup dingin sekalipun. Karena tanaman pisang memiliki keistimewaan yaitu dapat bertahan hidup di daerah yang kekurangan air. 
  3. Namun dengan keunggulan yang ada pada tanaman pisang tersebut konsekuensinya akan memperlambat proses tumbuh kembang tanaman. 
  4. Perhatikan juga kondisi kecepatan angin di daerah lokasi tanam karena tanaman pisang akan dapat rusak disebabkan oleh angin kencang. Hal ini akan memperlambat proses tumbuh kembang tanaman pisang.

2. Media Tanam Pisang
Agar tanaman pisang dapat tumbuh optimal perhatikan juga kondisi lahan yang tepat dalam budidaya pisang.

  1. Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan asupan makanan yang cukup. Memberi asupan makanan (pupuk) dapat memperlancar pertumbuhan pisang menjadi lebih maksimal. Lakukan dengan memberikan pupuk kandang dan pupuk kompos agar mempercepat proses pembuahan.
  2. Diperlukan adanya tambahan air dengan melakukan pengairan yang intensif. Berhati-hatilah dalam melakukan hal ini, karena akan memperlambat proses pertumbuhan tanaman pisang jika terdapat genangan air disekitar lahan. Hindari tanaman pisang dari kondisi tanah yang terkena erosi karena akan merusak tanaman sehingga menyebabkan kematian. Pastikan lahan mempunyai daya serap air yang kuat karena tanaman pisang mempunyai sifat yang kuat dalam mengonsumsi makanan dan minuman.
3. Ketinggian Lahan

Jika lahan yang Anda miliki berada pada ketinggian kurang dari 1000 mdpl, dibutuhkan kerja keras dalam merawat serta menjaga tanaman pisang. Hal ini bergantung pada jenis pisang yang Anda tanam, biasanya jenis pisang seperti pisang tanduk, pisang ambon akan lebih subur jika berada di ketinggian 1000 mdlp.

Nan, itulah tiga syarat tumbuh tanaman pisang. Langkah selanjutnya yang mesti harus Anda pelajari adalah 5 Tahapan Budidaya Pisang.[]

Artikel Terkait