20 Mei 2015

Daun Salam Obat Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat, lazimnya menyerang orang yang sudah berumur 40 tahun keatas. Asam urat juga banyak dialami orang yang berusia 30-35 tahun keatas. Dewasa ini, asam urat merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Karena asam urat dapat menyebakan stroke dan kelumpuhan pada beberapa organ tubuh.

Daun Salam (Syzygium polyanthum) / image: wikipedia 
Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya pola hidup tidak sehat, seperti makan tidak teratur, kurang minum air putih, dan konsumsi makanan-makanan toko yang serba siap saji.

Penyakit asam urat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya pola hidup tidak sehat, seperti makan tidak teratur, kurang minum air putih, dan konsumsi makanan-makanan toko yang serba siap saji.

Ciri-ciri penyakit asam urat sangat mudah ditandai. Biasanya orang yang sudah terserang asam urat, persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, dan bagian betis membengkak. 
Orang yang terserang penyakit asam urat, saat bangun tidur di pagi hari, sering terjadi nyeri pada persendiaan, terutama disekitar kaki betis, tumit dan siku. 
Agar terhindar dari penyakit asam urat, pola makan harus benar-benar dijaga dengan baik. Mencegah lebih baik dari daripada mengobati. 

Tips Mencegah Asam Urat
  • Jangan biasakan mandi di tengah malam, karena mandi ditengah malam bisa menimbulkan penyakit rematik, lama-lama akan kambuh menjadi penyakit asam urat. Jika harus berolahraga dimalam hari, gunakan air hangat untuk menetralkan suhu tubuh dan terhindar dari penyakit.
  • Jauhi minun alkohol, merokok dan mengkonsumsi es krim, kopi dan teh. Minun kopi sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hasil penelitian di Amerika Serikat, orang yang minum kopi dengan pola teratur dapat membantu menimalisir depresi, dan membantu menjaga kesehatan hati. Namun, bagi orang yang sudah terserang penyakit asam urat disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi, dan pilih kopi yang asli.
  • Asam urat dapat dicegah dengan menghindari konsumsi daging yang berlebihan, terutama daging yang mengandung lemak tidak sehat dan kolesterol jahat. Lemak yang tidak sehat bisa membuat tubuh kita menjadi panas, seperti makan daging kambing yang berlebihan, goreng-gorengan, dan makanan yang banyak minyak lainnya.
  • Untuk menghindari asam urat datang. Rajinlah mengkonsumsi buah-buahan yang segar, seperti jeruk sunkist, apel, sirsak, alpukat, dan lainnya. Sudah pasti hampir semua buah-buahan segar adalah obat alami yang super baik bagi kesehatan. 
  • Banyak minum air putih dapat mencegah asam urat, dan hindari mengkonsumsi minuman-minuman berkaleng, karena tidak semua minuman berkaleng itu menyegarkan tubuh. Minuman kaleng yang mengandung karbonasi tinggi, sangat berbahaya bagi organ hati dan ginjal.
  • Menanam tanaman diperkarangan rumah dapat mengurangi asam urat kambuh. Sebab, setiap tumbuhan senantiasa memerlukan sinar matahari untuk keperluan fotosintesis dalam usaha menghasilkan oksigen. Oksigen yang segar dan alami sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk asam urat.
Banyak tanaman yang bisa menyebuhkan asam urat, salah satunya Tanaman Daun Salam. Pada umumnya daun salam sering dikenal masyarakat sebagai bumbu dapur. Hasil uji kesehatan, pada daun salam menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang dapat bermanfaat sebagai tanaman obat asam urat dan pembasmi kolesterol jahat. 

Cara budidaya tanaman salam, mudah dan gampang dan bisa ditanam di lahan yang sempit, seperti diperkarangan rumah. Selain sebagai bahan masakan alami, daun salam obat penyakit asam urat, ramuan tradisional yang sudah terbukti dapat mengobati penyakit asam urat.

Artikel Terkait