28 April 2015

Pala Asli Indonesia Beragam Manfaat Untuk Kesehatan

Sejuta Manfaat Tanaman dan Buah Pala Bagi Ksehatan
Pala merupakan satu-satunya jenis buah tropis yang dapat menghasilkan dua rempah berbeda. Saat matang, buah pala membuka sehingga tampak biji pala dengan fuli yang melekat pada permukaan biji seperti selaput. Setelah dipanen, fuli pala terkelupas dari biji lalu buah pala dikeringkan dengan sinar matahari. Manisan buah pala kering merupakan oleh-oleh khas bagi daerah penghasil pala.
Dahulu, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah pala dan fuli (bunga pala). Buah yang memiliki aroma dan khasiat untuk kesehatan, sehingga mendorong bangsa lain berdatangan ke bumi Nusantara, Arab dan China merupakan dua negara pertama yang melangkah kakinya, setelah melakukan pelayaran jauh dengan penuh tantangan dan resiko.

Kemudian, disusul oleh bangsa Portugis, Inggris dan Belanda. Mereka-mereka itu, datang tak diundang di Indonesia, sehingga kedatangannya berujung pada perang karena ingin menguasai wilayah - wilayah di Nusantara. 

Sebagai pendatang, mereka juga saling berperang dalam menguasai perdangangan rempah-rempah di Indonesia.

Nama latin buah pala adalah Myristica Fragrans Houtt. Buah asli dari kepulauan Indonesia ini termasuk dalam klasifikasi tumbuhan Plantae. Buahnya memiliki sifat antiemetik yaitu senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti untuk mengatasi rasa mual dan muntah-muntah. Sedangkan, fuli pala atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati, dll.

Pala juga memiliki Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral , dan senyawa organik lain yang terkait dengan minyak esensial. Senyawa-senyawa lain yang dikandungnya yakni, serat, mangan, thiamin, vitamin B6, folat, magnesium, dan tembaga. Selain bermanfaat bagi kesehatan, bagian-bagian dari tanaman pala juga digunakan untuk bumbu masak, penyedap rasa. 

Berikut beragam manfaat sibuah pala untuk kesehatan tubuh:

Mengobati Penyakit Maag:
Buah pala dapat mengobati mencegah dan penyakit maag, karena kandungan yang ada di dalamnya dapat meredekan asam lambung.

Memperlancar Pencernaan:
Buah pala dapat memperlancar pencernaan dan mengobati penyakit yang menganggu pencernaan sepeti diare, perut kembung, dan mules-mules.

Mempercantik Wajah:
Biji dan buah pala dapat menghilangkan filek hitam dan noda bekas jerawat, menjaga kelembabab kulit, mencegah timbulnya komedo hidung dan jerawat, dll.

Kesehatan Otak:
Buah pala dapat mengurangi degradasi jalur saraf dan fungsi kognitif yang seringkali menimpa orang-orang dengan demensia Alzheimer. Buah pala bermanfaat untuk menjaga fungsi otak menjadi sehat serta normal.
Kesehatan mulut:
Dalam buah pala mengandung komponen antibakteri aktif yang dapat membantu untuk melawan kondisi seperti halitosis (bau mulut), dan meningkatkan kekebalan gusi dan gigi.

Sebagai tanaman khas kepulauan Indonesia, sepantasnya dibudidaya kembali secara besar-besaran. Tips atau pola budidaya tanaman pala yang baik bisa Anda baca tentang Cara Budidaya Tanaman Pala.  

Artikel Terkait